Tafsir Al-Qur'an Surah Al-Isra` Ayat 14

Tafsir Al-Qur'an Surah Al-Isra` Ayat 14

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ


اِقْرَأْ كِتَابَكَۗ كَفٰى بِنَفْسِكَ الْيَوْمَ عَلَيْكَ حَسِيْبًاۗ ﴿١٤

iqra` kitābak, kafā binafsikal-yauma 'alaika ḥasībā

“Bacalah kitabmu, cukuplah dirimu sendiri pada hari ini sebagai penghitung atas dirimu.”


Tafsir Ibnu Katsir

Tafsir Surah Al-Isra` Ayat: 14
*Dengan kata lain, sesungguhnya kamu mengetahui bahwa dirimu tidak dianiaya. Dan tidaklah dicatatkan atas dirimu kecuali hanya apa-apa yang telah kamu kerjakan, karena sesungguhnya kamu ingat segala sesuatu yang telah kamu lakukan. Tiada seorang pun yang lupa terhadap apa yang telah diperbuatnya, walaupun sedikit. Pada hari itu setiap orang membaca kitab catatan amal perbuatannya. Ia dapat membacanya, baik ia dari kalangan orang yang bisa baca tulis atau pun orang ummi (tidak bisa baca tulis).

*******
Firman Allahﷻ:

وَكُلَّ اِنْسَانٍ اَلْزَمْنٰهُ طٰۤىِٕرَهٗ فِيْ عُنُقِهٖ
( Kami tetapkan amal perbuatannya (sebagaimana tetapnya kalung) pada lehernya. ) (Al-Isra, 17:13)

*Sesungguhnya dalam ayat ini disebutkan leher, tiada lain karena leher merupakan anggota tubuh manusia yang tidak ada duanya dalam tubuhnya. Dan barang siapa yang telah ditetapkan atas sesuatu, maka ia tidak dapat menghindarkan diri darinya. Seperti yang dikatakan oleh seorang penyair:

"Pergilah dengan membawanya, pergilah dengan membawanya, aku telah mengalunginya sebagaimana kalung yang ada pada burung merpati.

*Qatadah telah meriwayatkan dari Jabir ibnu Abdullah, dari Nabiﷺ, bahwa Nabiﷺ bersabda:

لَا عَدْوٰى وَلَا طِيَرَةُ وَكُلَّ اِنْسَانٍ اَلْزَمْنَاهُ طَائِرَهٗ فِيْ عُنُقِهٖ
( "Tiada penyakit dan tiada kesialan, tiap-tiap orang telah Kami tetapkan amal perbuatannya (sebagaimana tetapnya kalung) pada lehernya. )

Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Ibnu Jarir.

*Imam Abdu ibnu Humaid telah meriwayatkan hadis ini di dalam kitab Musnad-nya secara muttasil. Untuk itu ia mengatakan telah menceritakan kepada kami Al-Hasan ibnu Musa, telah menceritakan kepada kami Ibnu Lahi'ah, dari Abuz Zubair, dari Jabir yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullahﷺ bersabda:

طَيْرُ كُلِّ عَبْدٍ فِيْ عُنُقِهٖ
( "Ketetapan amal perbuatan seorang hamba berada pada lehernya (sebagaimana tetapnya kalung pada lehernya). )

*Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ali ibnu Ishaq, telah menceritakan kepada kami Abdullah, telah menceritakan kepada kami Ibnu Lahi'ah, telah menceritakan kepadaku Yazid; Abul Khair pernah menceritakan kepadanya bahwa ia pernah mendengar Uqbah ibnu Amir£ menceritakan hadis berikut, bahwa Rasulullahﷺ Pernah bersabda:

لَيْسَ مِنْ عَمَلِ يَوْمٍ اِلَّا وَهُوَ يُخْتَمُ عَلَيْهِ فَاِذَا مَرِضَ الْمُؤْمِنُ قَالَتِ الْمَلَائِكَةُ: يَا رَبَّنَا عَبْدُكَ فُلَانٌ قَدْ حَبَسْتَهٗ. فَيَقُوْلُ الرَّبُّ جَلَّ جَلَالُهٗ: اِخْتِمُوْا لَهٗ عَلٰى مِثْلِ عَمَلِهٖ حَتّٰى يَبْرَاَ اَوْ يَمُوْتَ
( "Tiada suatu amal sehari pun melainkan amal itu ditetapkan atas pelakunya. Apabila seorang mukmin sakit, maka para malaikat berkata, "Wahai Tuhan kami, hamba-Mu si Fulan telah Engkau tahan. Allahﷻ Berfirman, "Tetapkanlah baginya amal perbuatan yang semisal dengan amal kebiasaannya hingga ia sembuh atau mati. )

Sanad hadis cukup baik dan kuat, tetapi mereka tidak mengetengahkannya.

*Ma'mar telah meriwayatkan dari Qatadah sehubungan dengan makna firman-Nya: ( Kami tetapkan amal perbuatannya (sebagaimana tetapnya kalung) pada lehernya. ) (Al-Isra, 17:13) Makna yang dimaksud ialah amal perbuatannya. ( Dan Kami keluarkan baginya pada hari kiamat. ) (Al-Isra, 17:13) Artinya, Kami keluarkan amal perbuatan itu pada hari kiamat. ( (berupa) sebuah kitab yang dijumpainya dalam keadaan terbuka. ) (Al-Isra, 17:13)

*Ma'mar mengatakan bahwa Al-Hasan Al-Basri membaca firman-Nya: ( seorang duduk di sebelah kanan, dan yang lain duduk di sebelah kiri. ) (Qaf, 50:17) Hai manusia, Aku telah mempersiapkan bagimu kitab amal perbuatanmu; dan telah ditugaskan kepadamu dua malaikat yang mulia, yang seorang duduk di sebelah kananmu, sedangkan yang lain duduk di sebelah kirimu. Malaikat yang ada di sebelah kananmu bertugas mencatat semua amal baikmu, sedangkan malaikat yang duduk di sebelah kirimu bertugas mencatat semua amal burukmu. Maka beramallah sesukamu, sedikit ataupun banyak. Apabila kamu telah mati, maka buku catatanmu itu ditutup, lalu Aku kalungkan di lehermu bersama kamu dalam kuburan, hingga kamu dibangkitkan nanti pada hari kiamat, lalu dikeluarkan bagimu sebuah kitab yang kamu jumpai dalam keadaan terbuka. ( Bacalah kitabmu! ) (Al-Isra, 17:14), hingga akhir ayat. Sesungguhnya demi Allah, Mahaadillah Tuhan yang menjadikan dirimu sebagai penghisab terhadap dirimu.

*Ini adalah penafsiran yang terbaik diketengahkan oleh Al-Hasan Al-Basri sehubungan dengan makna ayat ini.


Tafsir Jalalain  Tafsir Muyassar