Tafsir Al-Qur'an Surah Maryam Ayat 17

Tafsir Al-Qur'an Surah Maryam Ayat 17

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ


فَاتَّخَذَتْ مِنْ دُوْنِهِمْ حِجَابًاۗ فَاَرْسَلْنَآ اِلَيْهَا رُوْحَنَا فَتَمَثَّلَ لَهَا بَشَرًا سَوِيًّا ﴿١٧

fattakhażat min dunihim ḥijābā, fa arsalna ilaihā ruḥanā fa tamaṡṡala lahā basyaran sawiyyā

lalu dia memasang tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami (Jibril) kepadanya, maka dia menampakkan diri di hadapannya dalam bentuk manusia yang sempurna.


Tafsir Ibnu Katsir

Tafsir Surah Maryam Ayat: 17
Firman Allahﷻ:

فَاتَّخَذَتْ مِنْ دُوْنِهِمْ حِجَابًا
( maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka. ) (Maryam, 19:17)

Yakni Maryam menutupi dirinya dan bersembunyi dari pandangan mereka. Maka Allah mengutus kepadanya Malaikat Jibril.

فَتَمَثَّلَ لَهَا بَشَرًا سَوِيًّا
( maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna. ) (Maryam, 19:17)

Maksudnya, malaikat Jibril berganti rupa menjadi manusia yang sempurna.

*Mujahid, Ad-Dahhak, Qatadah, Ibnu Juraij, Wahb ibnu Munabbih, dan As-Saddi telah mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya: ( lalu Kami mengutus roh Kami kepadanya. ) (Maryam, 19:17) Yang dimaksud dengan roh Kami dalam ayat ini adalah Malaikat Jibril.

*Pendapat yang diutarakan oleh mereka ini berdasarkan makna lahiriah Al-Qur'an, karena sesungguhnya Allahﷻ telah berfirman dalam ayat lain, yaitu:

نَزَلَ بِهِ الرُّوْحُ الْاَمِيْنُ. عَلٰى قَلْبِكَ لِتَكُوْنَ مِنَ الْمُنْذِرِيْنَ
( dan dibawa turun oleh Ar-Ruhul Amin (Jibril) ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan. ) (Asy-Syu'ara, 26:193-26:194)

*Abu Ja'far Ar-Razi telah meriwayatkan dari Ar-Rabi' ibnu Anas, dari Abul Aliyah, dari Ubay ibnu Ka'b yang mengatakan bahwa sesungguhnya roh Isa termasuk salah satu dari roh-roh yang telah diambil sumpahnya di masa Adam. Roh itulah yang menjelma dalam rupa manusia yang sempurna, yakni roh Isa. Maka Maryam yang diajak bicara olehnya mengandung dan ia masuk ke dalam tubuh Maryam melalui mulutnya. Pendapat ini sangat aneh dan tidak rasional, seakan-akan pendapat ini bersumber dari kisah Israiliyat.


Tafsir Jalalain  Tafsir Muyassar