Tafsir Al-Qur'an Surah Az-Zariyat Ayat 17

Tafsir Al-Qur'an Surah Az-Zariyat Ayat 17

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ


كَانُوْا قَلِيْلًا مِّنَ الَّيْلِ مَا يَهْجَعُوْنَ ﴿١٧

kānụ qalīlam minal-laili mā yahja'ụn

mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam;


Tafsir Ibnu Katsir

Tafsir Surah Az-Zariyat Ayat: 17
*Kemudian Allahﷻ menjelaskan kebaikan amal perbuatan mereka melalui firman-Nya:

كَانُوْا قَلِيْلًا مِّنَ الَّيْلِ مَا يَهْجَعُوْنَ
( Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. ) (Adz-Dzariyat, 51:17)

*Ulama tafsir berbeda pendapat sehubungan dengan i'rab kalimat ayat ini, ada dua pendapat di kalangan mereka mengenainya. Salah satunya menyebutkan bahwa huruf ma adalah nafiyah, artinya mereka sedikit menjalani malam harinya karena mereka tidak tidur.

*Ibnu Abbas£ telah mengatakan, bahwa tiada suatu malam pun yang mereka lalui, melainkan mereka mengambil sebagian darinya, walaupun sedikit (untuk mengerjakan salat malam hari).

*Qatadah telah meriwayatkan dari Mutarrif ibnu Abdullah, bahwa sedikit sekali malam hari yang mereka lalui, melainkan mereka mengerjakan salat padanya, adakalanya dari permulaannya atau dari tengahnya.

*Mujahid mengatakan, sedikit sekali mereka tidur malam hari sampai subuh tanpa mereka jalani salat tahajud.

*Hal yang sama telah dikatakan oleh Qatadah. Anas ibnu Malik dan Abul Aliyyah mengatakan bahwa mereka selalu mengerjakan salat (sunat) antara magrib dan isya.

*Abu Ja'far Al-Baqir mengatakan bahwa mereka tidak tidur sebelum mengerjakan salat 'atamah (isya).

*Pendapat yang kedua menyebutkan bahwa ma adalah masdariyah, yang artinya mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Pendapat inilah yang dipilih oleh Ibnu Jarir.

*Al-Hasan Al-Basri mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya: ( Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. ) (Adz-Dzariyat, 51:17) Mereka jalani salat malam hari dengan keteguhan hati, karenanya mereka tidak tidur di malam hari kecuali hanya sedikit. Mereka mengerjakannya dengan penuh semangat hingga waktunya memanjang sampai waktu sahur, sehingga bacaan istigfar mereka dilakukan di waktu sahur.

*Qatadah mengatakan bahwa Al-Ahnaf ibnu Qais telah mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya: ( Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. ) (Adz-Dzariyat, 51:17) Mereka tidak tidur kecuali sedikit. Kemudian Al-Ahnaf mengatakan bahwa dirinya bukan termasuk ahli ayat ini.

*Al-Hasan Al-Basri mengatakan, Al-Ahnaf ibnu Qais pernah mengatakan bahwa ia membandingkan amalnya dengan amal penghuni surga, maka ia menjumpai suatu kaum yang berbeda jauh dengannya. Mereka adalah kaum yang amal perbuatan kami tidak dapat mencapai tingkatan amal mereka, mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan aku (Al-Ahnaf) membandingkan amal perbuatanku dengan amal penghuni neraka, ternyata ia menjumpai mereka adalah kaum yang tiada kebaikan pada diri mereka; mereka adalah orang-orang yang mendustakan Kitabullah dan rasul-rasul Allah, serta mendustakan adanya hari berbangkit sesudah mati. Dan aku menjumpai orang yang terbaik di antara kami adalah kaum yang mencampur amal saleh dan amal yang buruk.

*Abdur Rahman ibnu Zaid ibnu Aslam mengatakan bahwa seorang lelaki dari Bani Tamim bertanya kepada Ubay£, "Hai Abu Usamah, ada suatu sifat yang tidak dijumpai di kalangan kami, Allahﷻ telah menyebutkan perihal suatu kaum melalui firman-Nya: ( Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. ) (Adz-Dzariyat, 51:17). Dan kami, demi Allah, sedikit melakukan salat di malam hari. Maka Ubay£ menjawab, "Beruntunglah bagi orang yang tidur bila mengantuk dan bertakwa kepada Allah apabila terbangun.

*Abdullah ibnu Salam£ mengatakan, "Ketika Rasulullahﷺ tiba di Madinah, maka orang-orang bersegera menemuinya, dan aku termasuk salah seorang yang datang menemuinya. Ketika aku melihat wajahnya, ternyata menurut keyakinanku beliau bukanlah seorang yang pendusta. Dan kalimat yang mula-mula kudengar darinya ialah: "Hai manusia, berilah makan, hubungkanlah tali persaudaraan, sebarkanlah salam, dan salatlah di malam hari pada saat manusia lelap dalam tidurnya, niscaya kalian masuk surga dengan selamat'.

*Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Hasan ibnu Musa, telah menceritakan kepada kami Ibnu Lahi'ah, telah menceritakan kepadaku Yahya ibnu Abu Abdur Rahman Al-Habli, dari Abdullah ibnu Umar£ yang mengatakan bahwa sesungguhnya Rasulullahﷺ pernah bersabda:

اِنَّ فِى الْجَنَّةِ غُرَفًا يُرٰى ظَاهِرُهَا مِنْ بَاطِنِهَا وَبَاطِنُهَا مِنْ ظَاهِرِهَا
( "Sesungguhnya di dalam surga terdapat gedung-gedung yang bagian luarnya dapat dilihat dari bagian dalamnya, dan bagian dalamnya dapat dilihat dari bagian luarnya. )

Abu Musa Al-Asy'ari£ bertanya, "Wahai Rasulullah, untuk siapakah gedung-gedung itu? Rasulullahﷺ menjawab:

لِمَنْ اَلَانَ الْكَلَامَ وَاَطْعَمَ الطَّعَامَ وَبَاتَ لِلّٰهِ قَائِمًا وَالنَّاسُ نِيَامٌ
( "Untuk orang yang lembut dalam tutur katanya, dan gemar memberi makan (fakir miskin), serta melakukan salat malam harinya karena Allah di saat manusia lelap dalam tidurnya. )

*Ma'mar mengatakan sehubungan dengan firman-Nya: ( Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. ) (Adz-Dzariyat, 51:17) Bahwa menurut Az-Zuhri dan Al-Hasan, keduanya sering menyebutkan bahwa mereka banyak tidur di malam harinya tanpa mengerjakan salat (sunat malam hari).

*Ibnu Abbas£ dan Ibrahim An-Nakha'i mengatakan sehubungan dengan firman Allahﷻ: ( Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. ) (Adz-Dzariyat, 51:17) Yakni mereka tidak tidur.

*Ad-Dahhak mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya: ( Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik, mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. ) (Adz-Dzariyat, 51:16- 51:17) Kemudian menganggap firman berikutnya sebagai kalimat baru: ( Di waktu sebagian malam mereka tidak tidur dan di waktu akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah). ) (Adz-Dzariyat, 51:17- 51:18) Pendapat ini jauh dari kebenaran dan dianggap menyimpang.


Tafsir Jalalain  Tafsir Muyassar