بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
وَالْيَوْمِ الْمَوْعُوْدِۙ ﴿٢﴾
wal-yaumil-mau'ụd
dan demi hari yang dijanjikan.
Tafsir Surah Al-Buruj Ayat: 2
2-3. Firman Allahﷻ:
وَالْيَوْمِ الْمَوْعُوْدِ وَشَاهِدٍ وَّمَشْهُوْدٍ
( dan hari yang dijanjikan, dan yang menyaksikan dan yang disaksikan. ) (Al-Buruj, 85:2-85:3)
*Ulama tafsir berbeda pendapat sehubungan dengan maknanya.
*Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abdullah ibnu Muhammad ibnu Amr Al-Gazi, telah menceritakan kepada kami Ubaidillah ibnu Musa, telah menceritakan kepada kami Musa ibnu Ubaidah, dari Ayyub ibnu Khalid ibnu Safwan ibnu Aus Al-Ansari, dari Abdullah ibnu Rafi', dari Abu Hurairah£ yang mengatakan bahwa Rasulullahﷺ telah bersabda:
( "Dan hari yang dijanjikan, yaitu hari kiamat, dan yang menyaksikan, yaitu hari Jumat. Dan tiada suatu hari pun yang mentari terbit dan tenggelam padanya lebih utama daripada hari Jumat; di dalamnya terdapat suatu saat yang tidak sekali-kali seorang hamba yang muslim menjumpainya, lalu meminta suatu kebaikan padanya, melainkan Allah memberinya hal itu. Dan tidaklah dia meminta perlindungan dari suatu kejahatan padanya melainkan Allah melindunginya. Dan hari yang disaksikan itu adalah hari Arafah. )
*Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah melalui berbagai jalur dari Musa ibnu Ubaidah Ar-Rabzi, sedangkan dia orangnya daif. Dan hadis ini telah diriwayatkan pula secara mauquf dari Abu Hurairah, maka riwayat inilah yang lebih mirip kepada kesahihan.
*Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Muhammad, telah menceritakan kepada kami Syu'bah, bahwa ia telah mendengar Ali ibnu Zaid dan Yunus ibnu Ubaid; keduanya menceritakan hadis dari Ammar maula Bani Hasyim, dari Abu Hurairah. Adapun menurut riwayat Ali, maka dia me-rafa'-kannya sampai kepada Nabiﷺ, sedangkan Yunus hanya sampai kepada Abu Hurairah. Disebutkan bahwa Abu Hurairah telah mengatakan sehubungan dengan makna ayat ini, yaitu firman-Nya: ( dan yang menyaksikan dan yang disaksikan. ) (Al-Buruj, 85:3) Bahwa yang menyaksikan adalah hari Jumat, dan yang disaksikan adalah hari kiamat.
*Imam Ahmad mengatakan pula, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Ja'far, telah menceritakan kepada kami Syu'bah, dari Yunus, bahwa ia pernah mendengar Ammar maula Bani Hasyim menceritakan hadis dari Abu Hurairah, bahwa ia telah mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya: ( dan yang menyaksikan dan yang disaksikan. ) (Al-Buruj, 85:3) Bahwa yang menyaksikan adalah hari Jumat dan yang disaksikan adalah hari 'Arafah, dan yang dijanjikan adalah hari kiamat.
*Telah diriwayatkan pula dari Abu Hurairah, ia pernah mengatakan bahwa hari yang dijanjikan itu adalah hari kiamat. Hal yang sama telah dikatakan oleh Al-Hasan, Qatadah, dan Ibnu Zaid, tetapi aku tidak melihat mereka berselisih pendapat mengenainya; segala puji bagi Allah.
*Kemudian Ibnu Jarir mengatakan, telah menceritakan kepada kamu Muhammad ibnu Auf, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Ismail ibnu Iyasy, telah menceritakan kepadaku ayahku, telah menceritakan kepada kami Damdam ibnu Zur'ah, dari Syuraih ibnu Ubaid, dari Abu Malik Al-Asy'ari yang mengatakan bahwa Rasulullahﷺ pernah bersabda:
الْيَوْمُ الْمَوْعُوْدُ يَوْمُ الْقِيٰمَةِ وَاِنَّ الشَّاهِدَ يَوْمُ الْجُمُعَةِ وَاِنَّ الْمَشْهُوْدَ يَوْمُ عَرَفَةَ وَيَوْمُ الْجُمُعَةِ ذَخَرَهُ اللّٰهُ لَنَا
( "Hari yang dijanjikan ialah hari kiamat, dan sesungguhnya yang menyaksikan ialah hari Jumat, dan sesungguhnya yang disaksikan ialah hari 'Arafah dan hari Jumat yang sengaja disimpankan oleh Allah untuk kita (umat Muhammad). )
*Kemudian Ibnu Jarir mengatakan, telah menceritakan kepada kami Sahl ibnu Musa Ar-Razi, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Fudaik, dari Ibnu Harmalah, dari Sa'id ibnul Musayyab yang mengatakan bahwa Rasulullahﷺ telah bersabda:
اِنَّ سَيِّدَ الْاَيَّامِ يَوْمُ الْجُمُعَةِ وَهُوَ الشَّاهِدُ وَالْمَشْهُوْدُ يَوْمُ عَرَفَةَ
( "Sesungguhnya penghulu hari itu adalah hari Jumat, yaitu hari yang menyaksikan, sedangkan hari yang disaksikan adalah hari Arafah. )
Ini merupakan salah satu dari hadis mursal-nya Sa'id ibnul Musayyab.
*Kemudian Ibnu Jarir mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib, telah menceritakan kepada kami Waki', dari Syu'bah, dari Ali ibnu Zaid, dari Yusuf Al-Makki, dari Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa yang menyaksikan adalah Muhammadﷺ, sedangkan yang disaksikan adalah hari kiamat. Kemudian Ibnu Abbas membaca firman-Nya:
ذٰلِكَ يَوْمٌ مَّجْمُوْعٌ لَّهُ النَّاسُ وَذٰلِكَ يَوْمٌ مَّشْهُوْدٌ
( Hari kiamat itu adalah suatu hari yang semua manusia dikumpulkan untuk (menghadapi) nya, dan hari itu adalah suatu hari yang disaksikan (oleh segala makhluk). ) (Hud, 11:103)
*Telah menceritakan pula kepada kami Ibnu Humaid, telah menceritakan kepada kami Jarir, dari Mugirah, dari Syubak yang mengatakan bahwa pernah ada seorang lelaki bertanya kepada Al-Hasan ibnu Ali tentang makna firman-Nya: ( dan yang menyaksikan dan yang disaksikan. ) (Al-Buruj, 85:3) Al-Hasan ibnu Ali menjawab, "Apakah engkau pernah bertanya kepada seseorang sebelumku? Lelaki itu menjawab, "Ya, aku pernah bertanya kepada Ibnu Umar dan Ibnuz Zubair. Lalu keduanya menjawab, bahwa makna yang dimaksud adalah Hari Raya Kurban dan hari Jumat. Maka Al-Hasan ibnu Ali berkata, "Bukan, yang menjadi saksi adalah Muhammadﷺ Kemudian Al-Hasan ibnu Ali membaca firman-Nya:
فَكَيْفَ اِذَا جِئْنَا مِنْ كُلِّ اُمَّةٍ بِشَهِيْدٍ وَّجِئْنَا بِكَ عَلٰى هٰٓؤُلَاۤءِ شَهِيْدًا
( Maka bagaimanakah (halnya orang kafir nanti), apabila Kami mendatangkan seseorang saksi (rasul) dari tiap-tiap umat dan Kami mendatangkan kamu (Muhammad) sebagai saksi atas mereka itu (sebagai umatmu). ) (An-Nisa, 4:41)
Dan yang dimaksud dengan yang disaksikan adalah hari kiamat; kemudian Al-Hasan membaca firman-Nya:
ذٰلِكَ يَوْمٌ مَّجْمُوْعٌ لَّهُ النَّاسُ وَذٰلِكَ يَوْمٌ مَّشْهُوْدٌ
( Hari kiamat itu adalah suatu hari yang semua manusia dikumpulkan untuk (menghadapi) nya, dan hari itu adalah suatu hari yang disaksikan (oleh segala makhluk). ) (Hud, 11:103)
*Hal yang sama telah dikatakan oleh Al-Hasan Al-Basri. Sufyan As-Sauri telah meriwayatkan dari Ibnu Hannalah, dari Sa'id ibnul Musayyab, bahwa yang disaksikan adalah hari kiamat.
*Mujahid, Ikrimah, dan Ad-Dahhak mengatakan bahwa yang menyaksikan adalah anak Adam, dan yang disaksikan adalah hari kiamat.
*Diriwayatkan dari Ikrimah pula bahwa yang menyaksikan adalah Muhammadﷺ, dan yang disaksikan adalah hari Jumat.
*Ali ibnu Abu Talhah telah meriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwa yang menyaksikan adalah Allah, dan yang disaksikan adalah hari kiamat.
*Ibnu Abu Hatim meriwayatkan, telah menceritakan kepada kami ayahku, telah menceritakan kepada kami Abu Na'im Al-Fadl ibnu Dakin, telah menceritakan kepada kami Sufyan, dari Abu Yahya Al-Qattat, dari Mujahid, dari Ibnu Abbas sehubungan dengan makna firman-Nya: ( dan yang menyaksikan dan yang disaksikan. ) (Al-Buruj, 85:3) Bahwa yang menyaksikan adalah manusia, sedangkan yang disaksikan adalah hari Jumat; hal yang sama telah diriwayatkan pula oleh Ibnu Abu Hatim.
*Ibnu Jarir mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ibnu Humaid, telah menceritakan kepada kami Mahran, dari Sufyan, dari Ibnu Abu Najih, dari Mujahid, dari Ibnu Abbas sehubungan dengan makna firman Allahﷻ: ( dan yang menyaksikan dan yang disaksikan. ) (Al-Buruj, 85:3) Yang menyaksikan adalah hari' Arafah, dan yang disaksikan adalah hari kiamat.
*Hal yang sama diriwayatkan dari Sufyan As-Sauri, dari Mugirah, dari Ibrahim yang mengatakan bahwa yang dimaksud adalah Hari Raya Kurban dan hari Arafah, yakni yang menyaksikan dan yang disaksikan.
*Ibnu Jarir mengatakan, ulama lainnya mengatakan bahwa yang disaksikan adalah hari Jumat; sehubungan dengan hal ini mereka meriwayatkan sebuah hadis yang diceritakan kepada kami oleh Ahmad ibnu Abdur Rahman, bahwa telah menceritakan kepadaku pamanku (yaitu Abdullah ibnu Wahb), telah menceritakan kepadaku Amr ibnul Haris, dari Sa'id ibnu Abu Hilal, dari Zaid ibnu Aiman, dari Ubadah ibnu Nasiy, dari Abu Darda yang mengatakan bahwa Rasulullahﷺ pernah bersabda,
اَكْثِرُوْا عَلَيَّ مِنَ الصَّلَاةِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَاِنَّهٗ يَوْمٌ مَشْهُوْدٌ تَشْهَدُهُ الْمَلَائِكَةُ
( "Perbanyaklah membaca salawat untukku di hari Jumat, karena sesungguhnya hari Jumat itu adalah hari yang disaksikan oleh para malaikat. )
*Diriwayatkan dari Sa'id ibnu Jubair, bahwa yang menyaksikan adalah Allah. Kemudian ia membaca firman-Nya:
وَكَفٰى بِاللّٰهِ شَهِيْدًا
( Dan cukuplah Allah sebagai saksi. ) (Al-Fath, 48:28) dan yang disaksikan adalah kita semua; demikianlah menurut apa yang diriwayatkan oleh Al-Bagawi.
*Kebanyakan ulama mengatakan bahwa yang menyaksikan adalah hari Jumat dan yang disaksikan adalah hari 'Arafah.