بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
اُحْشُرُوا الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا وَاَزْوَاجَهُمْ وَمَا كَانُوْا يَعْبُدُوْنَ ۙ ﴿٢٢﴾
uḥsyurullażīna ẓalamụ wa azwājahum wa mā kānụ ya'budụn
(Diperintahkan kepada malaikat), “Kumpulkanlah orang-orang yang zalim beserta teman sejawat mereka dan apa yang dahulu mereka sembah,
Tafsir Surah As-Saffat Ayat: 22
*( 21-22. ) Maka para malaikat dan orang-orang mukmin berkata kepada mereka:
هٰذَا يَوْمُ الْفَصْلِ الَّذِيْ كُنْتُمْ بِهٖ تُكَذِّبُوْنَ
( Inilah hari keputusan yang kamu selalu mendustakannya. ) (Ash-Shaffat, 37:21)
*Ini dikatakan kepada mereka dengan nada kecaman dan cemooh, dan Allahﷻ memerintahkan kepada malaikat untuk memisahkan orang-orang kafir dari orang-orang mukmin dalam tempat pemberhentian mereka. Karena itulah disebutkan oleh firman selanjutnya:
اُحْشُرُوا الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا وَاَزْوَاجَهُمْ
( Kumpulkanlah orang-orang yang. zalim beserta teman sejawat mereka. ) (Ash-Shaffat, 37:22)
*Al-Nu'man ibnu Basyir£ mengatakan bahwa yang dimaksud dengan AZWĀJAHUM ialah orang-orang yang serupa dan yang semisal dengan mereka. Hal yang sama telah dikatakan oleh Ibnu Abbas, Sa'id ibnu Jubair, Ikrimah, Mujahid, As-Saddi, Abu Saleh, Abul Aliyah, dan Zaid ibnu Aslam.
*Sufyan As-Sauri telah meriwayatkan dari Sammak, dari An-Nu'man ibnu Basyir ibnu Umar ibnul Khattab£ yang telah mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya: ( Kumpulkanlah orang-orang yang zalim beserta teman sejawat mereka. ) (Ash-Shaffat, 37:22) Bahwa yang dimaksud dengan AZWĀJAHUM ialah teman-teman mereka.
*Syarik telah meriwayatkan dari Sammak, dari An-Nu'man yang mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya ini, bahwa ia pernah mendengar Umar membaca firman-Nya: ( Kumpulkanlah orang-orang yang zalim bersama teman sejawat mereka. ) (Ash-Shaffat, 37:22) Makna yang dimaksud ialah orang-orang yang serupa dengan mereka. Umar mengatakan bahwa para penzina dikumpulkan bersama-sama para penzina lainnya, para pemakan riba dikumpulkan bersama para pemakan riba lainnya, dan para peminum khamr dikumpulkan dengan para peminum khamr lainnya.
*Kasif telah meriwayatkan dari Miqsam, dari Ibnu Abbas£, bahwa yang dimaksud dengan AZWĀJAHUM ialah istri-istri mereka: tetapi pendapat ini garib, karena yang terkenal dari Ibnu Abbas adalah pendapat yang pertama tadi, seperti yang diriwayatkan oleh Mujahid dan Sa'id ibnu Jubair dari Ibnu Abbas, bahwa yang dimaksud dengan AZWĀJAHUM ialah teman-teman sejawat mereka dan apa yang dahulu mereka sembah selain Allah, yakni berhala-berhala dan sekutu-sekutu yang mereka sembah-sembah dikumpulkan bersama-sama mereka di suatu tempat khusus buat mereka.