Tafsir Al-Qur'an Surah `Abasa Ayat 23

Tafsir Al-Qur'an Surah `Abasa Ayat 23

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ


كَلَّا لَمَّا يَقْضِ مَآ اَمَرَهٗۗ ﴿٢٣

kallā lammā yaqḍi mā amarah

Sekali-kali jangan (begitu)! Dia (manusia) itu belum melaksanakan apa yang Dia (Allah) perintahkan kepadanya.


Tafsir Ibnu Katsir

Tafsir Surah `Abasa Ayat: 23
Firman Allahﷻ:

كَلَّا
( sekali-kali jangan ) ('Abasa, 80:23)

*Ibnu Jarir mengatakan bahwa Allahﷻ berfirman, KALLAA artinya duduk perkaranya tidaklah seperti apa yang dikatakan oleh manusia yang kafir itu, bahwa dia telah menunaikan hak Allah yang ada pada dirinya dan harta bendanya.

لَمَّا يَقْضِ مَآ اَمَرَهٗ
( manusia itu belum melaksanakan apa yang diperintahkan Allah kepadanya. ) ('Abasa, 80:23)

*Allahﷻ berfirman bahwa dia masih belum menunaikan kewajiban yang difardukan oleh Allahﷻ atas dirinya.

*Kemudian Ibnu Jarir dan Ibnu Abu Hatim meriwayatkan melalui jalur Ibnu Abu Najih, dari Mujahid sehubungan dengan makna firman-Nya: ( sekali-kali jangan; manusia itu belum melaksanakan apa yang diperintahkan Allah kepadanya. ) ('Abasa, 80:23) Bahwa tiada seorang pun yang ditetapkan dapat menunaikan semua apa yang difardukan atas dirinya. Bagawi telah meriwayatkan hal yang semisal dari Al-Hasan Al-Basri.

*Demikianlah yang penulis jumpai dari pendapat ulama terdahulu mengenainya, tiada pendapat lainnya. Tetapi menurut hemat saya, makna yang dimaksud dari firman-Nya hanya Allah-lah yang lebih mengetahui.

ثُمَّ اِذَا شَاۤءَ اَنْشَرَهٗ
( kemudian bila Dia menghendaki, Dia membangkitkannya kembali. ) ('Abasa, 80:22)

Yakni Dia menghidupkannya kembali.

كَلَّا لَمَّا يَقْضِ مَآ اَمَرَهٗ
( tidaklah demikian; Allah masih belum menunaikan apa yang telah ditetapkan-Nya itu. ) ('Abasa, 80:23)

Yaitu Allah tidak akan melakukannya sekarang sebelum masa yang telah Dia tetapkan (takdirkan) atas Bani Adam yang akan menjalaninya habis dan Bani Adam dikeluarkan di dunia ini, sedangkan di pundaknya telah terbebani perintah dari Allah secara takdir. Maka apabila hal yang telah ditetapkan oleh Allah itu habis, barulah Allah membangkitkan semua makhluk (dari alam kuburnya) dan menghidupkan kembali mereka seperti pada permulaan kejadiannya.

*Ibnu Abu Hatim telah meriwayatkan dari Wahb ibnu Munabbih yang mengatakan, Uzair pernah berkata bahwa malaikat yang sering datang kepadanya mengatakan bahwa sesungguhnya kubur itu terletak di perut bumi. Dan sesungguhnya bumi itu adalah induk dari semua makhluk. Maka apabila Allahﷻ telah menciptakan semua yang dikehendaki-Nya, dan kubur yang telah disediakan oleh Allah untuknya telah terpenuhi, maka habislah usia dunia dan matilah semua makhluk yang ada di atasnya, lalu bumi mengeluarkan semua yang terdapat di dalam perutnya dan semua kuburan mengeluarkan makhluk yang ada di dalamnya. Ini mirip dengan pendapat yang kami kemukakan sehubungan dengan makna ayat ini; akhirnya hanya Allahﷻ sajalah Yang Maha Mengetahui.


Tafsir Jalalain  Tafsir Muyassar