بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
وَمَآ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا كَاۤفَّةً لِّلنَّاسِ بَشِيْرًا وَّنَذِيْرًا وَّلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ ﴿٢٨﴾
wa mā arsalnāka illā kāffatal lin-nāsi basyīraw wa nażīraw wa lākinna akṡaran-nāsi lā ya'lamụn
Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad), melainkan kepada semua umat manusia sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.
Tafsir Surah Saba’ Ayat: 28
*Allahﷻ berfirman kepada hamba dan Rasul-Nya, Muhammadﷺ:
وَمَآ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا كَاۤفَّةً لِّلنَّاسِ
( Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan. ) (Saba, 34:28)
Yakni kepada semua makhluk yang dikenai taklif, sebagaimana pengertian yang disebutkan dalam ayat lain melalui firman-Nya:
قُلْ يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنِّيْ رَسُوْلُ اللّٰهِ اِلَيْكُمْ جَمِيْعًا
( Katakanlah, "Hai manusia, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepada kamu sekalian. ) (Al-Araf, 7:158)
Dan firman Allahﷻ:
تَبٰرَكَ الَّذِيْ نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلٰى عَبْدِهٖ لِيَكُوْنَ لِلْعٰلَمِيْنَ نَذِيْرًا
( Mahasuci Allah yang telah menurunkan Al-Furqan (Al-Qur'an) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam. ) (Al-Furqan, 25:1)
Adapun firman Allahﷻ:
بَشِيْرًا وَّنَذِيْرًا
( sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan. ) (Saba, 34:28)
Artinya, kamu menyampaikan berita gembira masuk surga bagi orang-orang yang taat kepadamu, dan kamu memberikan peringatan masuk neraka bagi orang-orang yang durhaka kepadamu.
*******
Firman Allahﷻ:
وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ
( tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui. ) (Saba, 34:28)
Semakna dengan apa yang disebutkan oleh firman-Nya:
وَمَآ اَكْثَرُ النَّاسِ وَلَوْ حَرَصْتَ بِمُؤْمِنِيْنَ
( Dan sebagian besar manusia tidak akan beriman, walaupun kamu sangat menginginkannya. ) (Yusuf, 12:103)
Dan firman Allahﷻ:
وَاِنْ تُطِعْ اَكْثَرَ مَنْ فِى الْاَرْضِ يُضِلُّوْكَ عَنْ سَبِيْلِ اللّٰهِ
( Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. ) (Al-An'am, 6:116)
*Muhammad ibnu Ka'b telah mengatakan sehubungan dengan makna firman Allahﷻ: ( Dan Kami tidak mengutusmu melainkan kepada umat manusia seluruhnya. ) (Saba, 34:28) Yakni kepada segenap umat manusia.
*Qatadah mengatakan sehubungan dengan makna ayat ini, bahwa Allahﷻ mengutus Muhammadﷺ kepada bangsa Arab dan non-Arab, maka orang yang paling mulia di antara mereka adalah yang paling bertakwa kepada Allahﷻ dan taat kepada-Nya.
*Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Abdullah Az-Zarani, telah menceritakan kepada kami Hafs ibnu Umar Al-Adni, telah menceritakan kepada kami Al-Hakam ibnu Aban, dari Ikrimah yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Ibnu Abbas£ mengatakan bahwa sesungguhnya Allahﷻ telah mengutamakan Muhammadﷺ di atas semua penduduk langit dan semua para nabi. Murid-murid Ibnu Abbas bertanya, Wahai Ibnu Abbas, apakah keutamaan Nabi Muhammadﷺ atas semua para nabi? Ibnu Abbas menjawab bahwa sesungguhnya Allahﷻ telah berfirman: ( Kami tidak mengutus seorang rasul pun, melainkan dengan bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka. ) (Ibrahim, 14:4) Sedangkan sehubungan dengan Nabi Muhammadﷺ Allahﷻ berfirman: ( Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan kepada umat manusia seluruhnya. ) (Saba, 34:28) Maka Allah mengutusnya kepada umat manusia dan umat jin.
*Apa yang dikatakan oleh Ibnu Abbas ini mempunyai bukti yang menguatkannya disebutkan di dalam kitab Sahihain yang di-marfu '-kan oleh Jabir£ yang mengatakan bahwa Rasulullahﷺ pernah bersabda:
اُعْطِيْتُ خَمْسًا لَمْ يُعْطَهُنَّ اَحَدٌ مِنَ الْاَنْبِيَاءِ قَبْلِيْ: نُصِرْتُ بِالرُّعْبِ مَسِيْرَةَ شَهْرٍ. وَجُعِلَتْ لِيَ الْاَرْضُ مَسْجِدًا وَطَهُوْرًا فَاَيُّمَا رَجُلٌ مِنْ اُمَّتِيْ اَدْرَكَتْهُ الصَّلَاةُ فَلْيُصَلِّ. وَاُحِلَّتْ لِيَ الْغَنَائِمُ وَلَمْ تَحِلَّ لِاَحَدٍ قَبْلِيْ. وَاُعْطِيْتُ الشَّفَاعَةَ. وَكَانَ النَّبِيُّ يُبْعَثُ اِلٰى قَوْمِهٖ وَبُعِثْتُ اِلَى النَّاسِ عَامَّةً
( "Aku dianugerahi lima perkara yang belum pernah dianugerahkan kepada seorang nabi pun sebelumku: Aku diberi pertolongan dengan rasa gentar yang mencekam hati musuh sejauh perjalanan satu bulan; bumi ini dijadikan bagiku sebagai masjid dan suci lagi menyucikan, maka barang siapa dari kalangan umatku yang memasuki waktu salat hendaklah ia salat (di mana pun berada); dan dihalalkan bagiku ganimah, padahal ganimah belum pernah dihalalkan kepada seorang pun sebelumku; aku diberi izin untuk memberikan syafaat; dan dahulu seorang nabi diutus khusus hanya kepada kaumnya, sedangkan aku diutus untuk seluruh umat manusia. )
*Di dalam kitab sahih disebutkan pula bahwa Rasulullahﷺ pernah bersabda:
بُعِثْتُ اِلَى الْاَسْوَدِ وَالْاَحْمَرِ
( "Aku diutus untuk kulit hitam dan kulit merah. )
*Menurut Mujahid, makna yang dimaksud ialah jin dan manusia seluruhnya. Selain Mujahid mengatakan bahwa yang dimaksud ialah orang Arab dan orang non-Arab. Semua pendapat tersebut benar.