بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
وَلِمَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهٖ جَنَّتٰنِۚ ﴿٤٦﴾
wa liman khāfa maqāma rabbihī jannatān
Dan bagi siapa yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga.
Tafsir Surah Ar-Rahman Ayat: 46
*( 46-47. ) Ibnu Syauzab dan Ata Al-Khurrasani telah mengatakan sehubungan dengan ayat ini, yaitu firman-Nya: ( Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga. ) (Ar-Rahman, 55:46) Bahwa ayat ini diturunkan berkenaan dengan sahabat Abu Bakar£
*Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami ayahku, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Musaffa, telah menceritakan kepada kami Baqiyyah, dari Abu Bakar ibnu Abu Maryam, dari Atiyyah ibnu Qais sehubungan dengan makna firman-Nya: ( Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga. ) (Ar-Rahman, 55:46) Bahwa ayat ini diturunkan berkenaan dengan orang yang mengatakan, "Bakarlah diriku, agar Allah tidak dapat menemukan diriku! Kemudian orang itu tobat selama sehari semalam (menyesali perbuatannya), sesudah mengucapkan kata-kata tersebut. Maka Allah menerima tobatnya dan memasukkannya ke dalam surga.
*Tetapi menurut pendapat yang sahih, makna ayat ini bersifat umum, sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnu Abbas dan lain-lainnya.
*******
Firman Allahﷻ:
وَلِمَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهٖ
( Dan bagi orang yang takut saat akan menghadap Tuhannya. ) (Ar-Rahman, 55:46)
Yakni menghadap di hadapan Allahﷻ kelak di hari kiamat.
وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوٰى
( dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya. ) (An-Nazi'at, 79:40)
*Dia tidak memperturutkan hawa nafsunya dan tidak pula memilih kehidupan dunia, dan dia mengetahui bahwa kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal. Karena itu, dia menunaikan semua yang difardukan Allah dan menjauhi hal-hal yang diharamkan baginya, maka baginya kelak di hari kiamat di sisi Tuhannya ada dua surga.
*Sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Bukhari rahimahullah, telah menceritakan kepada kami Abdullah ibnu Abul Aswad, telah menceritakan kepada kami Abdul Aziz ibnu Abdus Samad Al-Ama (yang tuna netra), telah menceritakan kepada kami Abu Imran Al-Juni, dari Abu Bakar ibnu Abdullah ibnu Qais, dari ayahnya, bahwa Rasulullahﷺ pernah bersabda:
جَنَّتَانِ مِنْ فِضَّةٍ اٰنِيَتُهُمَا وَمَا فِيْهِمَا وَجَنَّتَانِ مِنْ ذَهَبٍ اٰنِيَتُهُمَا وَمَا فِيْهِمَا وَمَا بَيْنَ الْقَوْمِ وَبَيْنَ اَنْ يَنْظُرُوْا اِلٰى رَبِّهِمْ عَزَّ وَجَلَّ اِلَّا رِدَاءُ الْكِبْرِيَاءِ عَلَى وَجْهِهٖ فِيْ جَنَّةِ عَدْنٍ
( "Dua surga yang semua wadah-wadahan dan segala sesuatunya dari perak, dan dua surga yang semua wadah-wadahan dan segala sesuatunya dari emas. Dan tiada sesuatu yang menghalang-halangi antara kaum itu (penghuni surga) dan melihat kepada Tuhan mereka Yang Mahaperkasa lagi Mahaagung selain dari selendang Keagungan-Nya yang menghijab Zat-Nya di surga 'Adn. )
*Jamaah lainnya telah mengetengahkan hadis ini melalui Abdul Aziz kecuali Imam Abu Daud dengan sanad yang sama. Hammad ibnu Samalah telah meriwayatkan dari Sabit, dari Abu Bakar ibnu Abu Musa, dari ayahnya;
*Hammad mengatakan bahwa dia merasa yakin bahwa ayah Abu Musalah yang me-rafa'-kan hadis ini sehubungan dengan makna firman-Nya: ( Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga. ) (Ar-Rahman, 55:46) Juga makna firman-Nya: ( Dan selain dari dua surga itu ada dua surga lagi. ) (Ar-Rahman, 55:62) Yakni dua surga dari emas bagi kaum Muqarrabin, dan dua surga dari perak bagi Ashabul Yamin.
*Ibnu Jarir mengatakan, telah menceritakan kepada kami Zakaria ibnu Yahya ibnu Aban Al-Muqri, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Maryam, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Ja'far, dari Muhammad ibnu Harmalah, dari Ata ibnu Yasar, telah menceritakan kepadaku Abu Darda, bahwa pada suatu hari Rasulullahﷺ membaca ayat ini, yaitu firman-Nya: ( Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga. ) (Ar-Rahman, 55:46) Maka aku bertanya, "Sekalipun dia telah zina dan mencuri? Kemudian Nabiﷺ membaca firman-Nya: ( Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga. ) (Ar-Rahman, 55:46) Aku kembali bertanya, "Sekalipun dia telah berzina dan mencuri? Nabiﷺ membacakan firman-Nya: ( Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga. ) (Ar-Rahman, 55:46) Dan aku kembali bertanya, "Wahai Rasulullah, sekalipun dia telah berzina dan mencuri? Nabiﷺ akhirnya bersabda: "Sekalipun hidung Abu Darda terpotong (yakni 'ya').
*Imam Nasa'i meriwayatkan hadis ini melalui Muhammad ibnu Abu Harmalah dengan sanad yang sama. Imam Nasa'i telah meriwayatkannya pula dari Mu-ammal ibnu Hisyam, dari Ismail, dari Al-Jariri, dari Musa, dari Muhammad ibnu Sa'd ibnu Abu Waqqas, dari Abu Darda dengan lafaz yang sama. Tetapi ada pula yang meriwayatkannya secara mauquf hanya sampai pada Abu Darda. Dan telah diriwayatkan dari Abu Darda bahwa dia pernah mengatakan, "Sesungguhnya orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya, tidak mau berzina dan tidak mau pula mencuri.
*Ayat ini bermakna umum mencakup manusia dan jin, dan ayat ini merupakan dalil yang paling konkret yang menunjukkan bahwa jin dapat masuk surga jika mereka beriman dan bertakwa. Karena itulah Allahﷻ menyebutkan karunia yang telah dilimpahkan-Nya kepada kedua makhluk ini dengan memberinya balasan tersebut, maka berfirmanlah Allahﷻ:
وَلِمَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهٖ جَنَّتٰنِ. فَبِاَيِّ اٰلَاۤءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبٰنِ
( Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga. Maka nikmat Tuhan kamu.yang manakah yang kamu dustakan? ) (Ar-Rahman, 55:46-55:47)
*Hadis yang berkaitan dengan firman-Nya:
وَلِمَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهٖ جَنَّتٰنِ
( Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga. ) (Ar-Rahman, 55:46) ialah apa yang telah diriwayatkan oleh Imam Turmuzi dan Imam Bagawi melalui hadis Abun Nadr ibnu Hasyim ibnul Qasim, dari Abu Aqil As'-Saqafi, dari Abu Farwah alias Yazid ibnu Sinan Ar-Rahawi, dari Bakr ibnu Fairuz, dari Abu Hurairah£ yang mengatakan bahwa Rasulullahﷺ pernah bersabda:
مَنْ خَافَ اَدْلَجَ وَمَنْ اَدْلَجَ بَلَغَ الْمَنْزِلَ اَلَا اِنَّ سِلْعَةَ اللّٰهِ غَالِيَةٌ اَلَا اِنَّ سِلْعَةَ اللّٰهِ الْجَنَّةُ
( Barang siapa yang takut (kepada Tuhannya), maka ia bangun di penghujung malamnya. Dan barang siapa yang (salat) di penghujung malamnya, maka ia akan sampai kepada kedudukan (yang terpuji). Ingatlah, bahwa dagangan Allah itu mahal. Ingatlah, dagangan Allah itu adalah surga. )
*Kemudian Imam Turmuzi mengatakan bahwa hadis ini garib, ia tidak mengenalnya kecuali melalui hadis Abun Nadr.
*Al-Bagawi telah meriwayatkan melalui hadis Ali ibnu Hujr, dari Ismail ibnu Ja'far, dari Muhammad ibnu Abu Harmalah maula Huwaitib ibnu Abdul Uzza, dari Ata ibnu Yasar, dari Abu Darda, bahwa ia pernah mendengar Rasulullahﷺ mengutarakan suatu kisah di atas mimbarnya dan membaca firman-Nya: ( Dan bagi orang yang takut saat akan menghadap Tuhannya ada dua surga. ) (Ar-Rahman, 55:46) Maka aku (Abu Darda) bertanya, "Sekalipun dia telah berzina dan mencuri, wahai Rasulullah? Rasulullahﷺ menjawab hanya dengan membaca firman-Nya: ( Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga. ) (Ar-Rahman, 55:46) Aku bertanya lagi untuk kedua kalinya, "Wahai Rasulullah, apakah begitu sekalipun dia telah berzina dan mencuri? Rasulullahﷺ kembali membacakan firman-Nya: ( Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga. ) (Ar-Rahman, 55:46) Maka aku bertanya untuk ketiga kalinya, "Wahai Rasulullah, apakah begitu sekalipun dia telah berzina dan mencuri? Rasulullahﷺ baru menjawab: "Sekalipun hidung Abu Darda terputus.