Tafsir Al-Qur'an Surah Al-Ma`idah Ayat 66

Tafsir Al-Qur'an Surah Al-Ma`idah Ayat 66

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ


وَلَوْ اَنَّهُمْ اَقَامُوا التَّوْرٰىةَ وَالْاِنْجِيْلَ وَمَآ اُنْزِلَ اِلَيْهِمْ مِّنْ رَّبِّهِمْ لَاَكَلُوْا مِنْ فَوْقِهِمْ وَمِنْ تَحْتِ اَرْجُلِهِمْۗ مِنْهُمْ اُمَّةٌ مُّقْتَصِدَةٌ ۗ وَكَثِيْرٌ مِّنْهُمْ سَاۤءَ مَا يَعْمَلُوْنَ ﴿٦٦

walau annahum aqāmut-taurāta wal-injīla wa mā unzila ilaihim mir rabbihim la`akalụ min fauqihim wa min taḥti arjulihim, min-hum ummatum muqtaṣidah, wa kaṡīrum min-hum sā`a mā ya'malụn

Dan sekiranya mereka sungguh-sungguh menjalankan (hukum) Taurat, Injil dan (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada mereka dari Tuhannya, niscaya mereka akan mendapat makanan dari atas mereka dan dari bawah kaki mereka. Di antara mereka ada sekelompok yang jujur dan taat. Dan banyak di antara mereka sangat buruk apa yang mereka kerjakan.


Tafsir Ibnu Katsir

Tafsir Surah Al-Ma`idah Ayat: 66
Firman Allahﷻ:

وَلَوْ اَنَّهُمْ اَقَامُوا التَّوْرٰىةَ وَالْاِنْجِيْلَ وَمَآ اُنْزِلَ اِلَيْهِمْ مِّنْ رَّبِّهِمْ
( Dan sekiranya mereka sungguh-sungguh menjalankan (hukum) Taurat dan Injil dan Al-Qur'an yang diturunkan kepada mereka dari Tuhannya. ) (Al-Maidah, 5:66)

*Menurut Ibnu Abbas dan lain-lainnya, yang dimaksud dengan ( apa yang diturunkan kepada mereka dari Tuhannya ) (Al-Maidah, 5:66) ialah Al-Qur'an.

لَاَكَلُوْا مِنْ فَوْقِهِمْ وَمِنْ تَحْتِ اَرْجُلِهِمْ
( niscaya mereka akan mendapat makanan dari atas mereka dan dari bawah kaki mereka. ) (Al-Maidah, 5:66)

Yaitu seandainya mereka mengamalkan kandungan kitab-kitab yang ada di tangan mereka dari nabi-nabi mereka dengan apa adanya tanpa penyimpangan, pergantian, dan perubahan, niscaya mereka akan terbimbing untuk mengikuti kebenaran dan mengamalkan apa yang sesuai dengan risalah yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammadﷺ karena sesungguhnya di dalam kitab-kitab mereka tertulis pernyataan yang membenarkan risalah Nabi Muhammad dan perintah untuk mengikutinya secara tegas tanpa ada pilihan lain. Adapun firman Allahﷻ berikut:

لَاَكَلُوْا مِنْ فَوْقِهِمْ وَمِنْ تَحْتِ اَرْجُلِهِمْ
( Niscaya mereka akan mendapat makanan dari atas mereka dan dari bahwa kaki mereka. ) (Al-Maidah, 5:66)

*Makna yang dimaksud ialah banyak rezeki yang turun kepada mereka dari langit dan yang tumbuh dari tanah.

*Ali ibnu Abu Talhah mengatakan dari Ibnu Abbas sehubungan dengan firman-Nya: ( niscaya mereka akan mendapat makanan dari atas mereka. ) (Al-Maidah, 5:66) Yakni niscaya Kami akan turunkan hujan dari langit kepada mereka. ( dan dari bawah kaki mereka. ) (Al-Maidah, 5:66) Yaitu akan dikeluarkan dari bumi keberkahan yang ada di dalamnya.

*Hal yang sama telah dikatakan oleh Mujahid, Sa'id ibnu Jubair, Qatadah, dan As-Saddi.

*Perihalnya semakna dengan apa yang disebutkan di dalam ayat lain melalui firman-Nya:

وَلَوْ اَنَّ اَهْلَ الْقُرٰٓى اٰمَنُوْا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكٰتٍ مِّنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِ
( Sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi. ) (Al-A'raf, 7:96)

Dan Allahﷻ telah berfirman:

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ اَيْدِى النَّاسِ
( Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia. ) (Ar-Rum, 30:41)

*Sebagian ulama ada yang mengatakan bahwa firman-Nya: ( niscaya mereka akan mendapat makanan dari atas mereka dan dari bawah kaki mereka. ) (Al-Maidah, 5:66) Makna yang dimaksud ialah, mereka memperolehnya tanpa susah payah dan tanpa mengeluarkan tenaga serta bebas dari kesengsaraan.

*Ibnu Jarir mengatakan, sebagian dari mereka mengatakan bahwa makna yang dimaksud ialah "niscaya mereka berada dalam kebaikan. Perihalnya sama dengan perkataan seseorang, "Dia berada dalam kebaikan dari atas sampai ke bawahnya. Tetapi Ibnu Jarir setelah mengemukakannya membantah pendapat ini, mengingat hal itu bertentangan dengan pendapat-pendapat ulama salaf.

*Ibnu Abu Hatim sehubungan dengan firman-Nya: ( Dan sekiranya mereka sungguh-sungguh menjalankan (hukum) Taurat dan Injil. ) (Al-Maidah, 5:66) menyebutkan sebuah hadits. Untuk itu, ia mengatakan bahwa telah menceritakan kepada kami Alqamah, dari Safwan ibnu Amr, dari Abdur Rahman ibnu Jubair ibnu Nafir, dari ayahnya yang menceritakan bahwa Rasulullahﷺ pernah bersabda: Sudah dekat waktunya ilmu akan diangkat Allah. Maka Ziyad ibnu Labid bertanya, "Wahai Rasulullah, bagaimana mungkin ilmu diangkat, sedangkan kami membaca Al-Qur'an dan mengajarkannya kepada anak-anak kami. Nabiﷺ bersabda: "Semoga ibumu kehilangan kamu, hai Ibnu Labid. Sekalipun aku memandang engkau termasuk orang yang paling alim dari kalangan penduduk Madinah, tetapi bukankah kitab Taurat dan kitab Injil berada di tangan orang-orang Yahudi dan Nasrani, tetapi tidak bermanfaat bagi mereka karena mereka meninggalkan perintah. Kemudian Nabiﷺ membacakan firman-Nya: ( Dan sekiranya mereka sungguh-sungguh menjalankan (hukum) Taurat dan Injil. ) (Al-Maidah, 5:66)

*Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Ibnu Abu Hatim secara mu'allaq pada permulaan sanadnya, sedangkan pada akhirnya secara mursal.

*Imam Ahmad ibnu Hambal telah meriwayatkan secara muttasil lagi mausul. Untuk itu, ia mengatakan bahwa telah menceritakan kepada kami Waki', telah menceritakan kepada kami Al-A'masy, dari Salim ibnu Abul Ja'd, dari Ziyad ibnu Lubaid, bahwa Nabiﷺ pernah menyebutkan suatu hal dan pada akhirnya beliau bersabda:

وَذٰاكَ عِنْدَ ذَهَابِ الْعِلْمِ
( "Yang demikian itu pertanda akan lenyapnya ilmu. )

Ziyad ibnu Lubaid melanjutkan kisahnya: Kami mengajukan pertanyaan, "Wahai Rasulullah, mana mungkin ilmu dapat lenyap, sedangkan kami selalu membaca Al-Qur'an dan mengajarkannya kepada anak-anak kami, anak-anak kami pun mengajarkannya kepada anak-anak mereka sampai hari kiamat? Rasulullahﷺ bersabda:

ثَكِلَتْكَ اُمُّكَ يَا ابْنَ اُمِّ لَبِيْدٍ اِنْ كُنْتُ لَاَرَاكَ مِنْ اَفْقَهِ رَجُلٍ بِالْمَدِيْنَةِ اَوْ لَيْسَ هٰذِهِ الْيَهُوْدُ وَالنَّصَارٰى يَقْرَءُوْنَ التَّوْرَاةَ وَالْاِنْجِيْلَ وَلَا يَنْتَفِعُوْنَ مِمَّا فِيْهِمَا بِشَيْءٍ
( "Semoga ibumu kehilangan kamu, hai Ibnu Labid. Sekalipun aku memandangmu termasuk orang yang paling alim di Madinah, tetapi bukankah orang-orang Yahudi dan Nasrani ini membaca Taurat dan Injil, tetapi mereka tidak mengambil manfaat dari apa yang terkandung di dalam kedua kitab tersebut barang sedikit pun. )

*Hal yang sama diriwayatkan oleh Ibnu Majah, dari Bakr ibnu Abu Syaibah, dari Waki' dengan sanad yang sama dan lafaz yang semisal. Sanad hadis ini sahih.

*******
Firman Allahﷻ:

مِنْهُمْ اُمَّةٌ مُّقْتَصِدَةٌ وَكَثِيْرٌ مِّنْهُمْ سَاۤءَ مَا يَعْمَلُوْنَ
( Di antara mereka ada golongan yang pertengahan. Dan alangkah buruknya apa yang dikerjakan oleh kebanyakan mereka. ) (Al-Maidah, 5:66)

Perihalnya sama dengan apa yang disebutkan oleh ayat lain, yaitu firman-Nya:

وَمِنْ قَوْمِ مُوْسٰٓى اُمَّةٌ يَّهْدُوْنَ بِالْحَقِّ وَبِهٖ يَعْدِلُوْنَ
( Dan di antara kaum Musa itu terdapat umat yang memberi petunjuk (kepada manusia) dengan hak, dan dengan hak itulah mereka menjalankan keadilan. ) (Al A'raf, 7:159)

Sama dengan firman Allahﷻ yang menyebutkan perihal para pengikut Nabi Isa, yaitu:

فَاٰتَيْنَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْهُمْ اَجْرَهُمْ
( Maka Kami berikan kepada orang-orang yang beriman di antara mereka pahalanya. ) (Al-Hadid, 57:27)

*Maka Allah menjadikan kedudukan yang tertinggi dari mereka (Ahli Kitab yang beriman) ialah pertengahan, sedangkan kedudukan tersebut merupakan kedudukan menengah dari umat Nabi Muhammadﷺ Dan kedudukan yang lebih tinggi daripada itu ialah kedudukan sabiqun (bersegera dalam mengerjakan kebaikan), seperti yang disebutkan oleh firman-Nya:

ثُمَّ اَوْرَثْنَا الْكِتٰبَ الَّذِيْنَ اصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَا فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِّنَفْسِهٖ وَمِنْهُمْ مُّقْتَصِدٌ وَمِنْهُمْ سَابِقٌ بِالْخَيْرٰتِ بِاِذْنِ اللّٰهِ ذٰلِكَ هُوَ الْفَضْلُ الْكَبِيْرُ. جَنّٰتُ عَدْنٍ يَّدْخُلُوْنَهَا
( Kemudian kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan di antara mereka ada (pula) yang lebih cepat berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar. (Bagi mereka) surga 'Adn, mereka masuk ke dalamnya. ) (Fathir, 35:32-35:33) hingga akhir ayat.

*Pendapat yang benar mengatakan bahwa ketiga golongan dari umat ini semuanya masuk surga.

*Abu Bakar ibnu Murdawaih mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abdullah ibnu Ja'far, telah menceritakan kepada kami Ahmad ibnu Yunus Ad-Dabbi, telah menceritakan kepada kami Asim ibnu Ali, telah menceritakan kepada kami Abu Ma'syar, dari Ya'qub ibnu Yazid ibnu Talhah, dari Zaid ibnu Aslam, dari Anas ibnu Malik yang menceritakan bahwa ketika kami (para sahabat) sedang berada bersama Rasulullahﷺ, beliau bersabda:

تَفَرَّقَتْ اُمَّةُ مُوْسٰى عَلٰى اِحْدٰى وَسَبْعِيْنَ مِلَّةً سَبْعُوْنَ مِنْهَا فِى النَّارِ وَوَاحِدَةٌ فِى الْجَنَّةِ. وَتَفَرَّقَتْ اُمَّةُ عِيْسٰى عَلٰى ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِيْنَ مِلَّةً وَاحِدَةٌ مِنْهَا فِى الْجَنَّةِ وَاِحْدٰى وَسَبْعُوْنَ مِنْهَا فِى النَّارِ. وَتَعْلُوْ اُمَّتِيْ عَلَى الْفِرْقَتَيْنِ جَمِيْعًا وَاحِدَةٌ فِى الْجَنَّةِ وَثِنْتَانِ وَسَبْعُوْنَ فِى النَّارِ. قَالُوْا مَنْ هُمْ يَا رَسُوْلَ اللّٰهِ. قَالَ الْجَمَاعَاتُ الْجَمَاعَاتُ
( "Umat Nabi Musa berpecah belah menjadi tujuh puluh satu golongan; tujuh puluh golongan darinya masuk neraka, sedangkan yang satu golongan lagi masuk surga Dan Umat Nabi Isa berpecah belah menjadi tujuh puluh dua golongan; segolongan di antara mereka masuk surga, sedangkan yang tujuh puluh satu golongan masuk neraka. Tetapi umatku jauh lebih tinggi daripada gabungan kedua umat itu, yaitu satu golongan masuk ke dalam surga, sedangkan yang tujuh puluh dua golongan masuk neraka. ) Mereka (para sahabat) bertanya, "Siapakah mereka yang masuk surga itu, wahai Rasulullah? Rasulullahﷺ menjawab: ( "Tetaplah pada jamaah, tetaplah pada jamaah! )

*Ya'qub ibnu Zaid mengatakan, apabila Khalifah Ali ibnu Abu Talib menceritakan hadis Rasulullahﷺ yang ini, maka ia selalu membaca firman-Nya: ( Dan sekiranya Ahli Kitab beriman dan bertakwa tentulah Kami tutup (hapus) kesalahan-kesalahan mereka, dan tentulah Kami masukkan mereka ke dalam surga-surga yang penuh kenikmatan. ) (Al Maidah, 5:65) Sampai dengan firman-Nya: ( Di antara mereka ada golongan yang pertengahan. Dan alangkah buruknya apa yang dikerjakan oleh kebanyakan mereka. ) (Al-Maidah, 5:66) Juga firman-Nya: ( Dan di antara orang-orang yang Kami ciptakan ada umat yang memberi petunjuk dengan hak, dan dengan yang hak itu (pula) mereka menjalankan keadilan. ) (Al-A'raf, 7:181) Yakni umat Nabi Muhammadﷺ

Tetapi asar ini garib sekali bila ditinjau dari segi konteksnya.

*Hadis mengenai berpecah-belahnya berbagai umat sampai menjadi tujuh puluh golongan lebih diriwayatkan melalui berbagai jalur, semuanya telah kami sebutkan dalam kitab yang lain.


Tafsir Jalalain  Tafsir Muyassar