Muhammad bin Ishaq Abu Bakar bin Khuzaimah an Naisabury
صحيح ابن خزيمة ١٧٩٣: نا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الْحَكَمِ، أَخْبَرَنَا أَبِي، وَشُعَيْبٌ قَالَا: أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ، ثنا خَالِدٌ وَهُوَ ابْنُ يَزِيدَ , عَنِ ابْنِ أَبِي هِلَالٍ، عَنْ عِيَاضِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ، أَنَّهُ قَالَ: خَطَبَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمًا , فَقَرَأَ ص فَلَمَّا مَرَّ بِالسَّجْدَةَ نَزَّلَ فَسَجَدَ وَسَجَدْنَا، وَقَرَأَ بِهَا مَرَّةً أُخْرَى فَلَمَّا بَلَغَ السَّجْدَةِ تَيَسَّرْنَا لِلسُّجُودِ , فَلَمَّا رَآنَا قَالَ: «إِنَّمَا هِيَ تَوْبَةُ نَبِيٍّ , وَلَكِنْ أَرَاكُمْ قَدِ اسْتَعْدَدْتُمْ لِلسُّجُودِ» , فَنَزَلَ فَسَجَدَ وَسَجَدْنَا. قَالَ أَبُو بَكْرٍ: «أَدْخَلَ بَعْضُ أَصْحَابِ ابْنِ وَهْبٍ , عَنِ ابْنِ وَهْبٍ , عَنْ عَمْرِو بْنِ الْحَارِثِ فِي هَذَا الْإِسْنَادِ إِسْحَاقَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي فَرْوَةَ بَيْنَ سَعِيدِ بْنِ أَبِي هِلَالٍ , وَبَيْنَ عِيَاضٍ وَإِسْحَاقَ مِمَّنْ لَا يَحْتَجُّ أَصْحَابُنَا بِحَدِيثِهِ , وَأَحْسَبُ أَنَّهُ غَلَطَ فِي إِدْخَالِهِ إِسْحَاقَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ فِي هَذَا الْإِسْنَادِ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1793: Muhammad bin Abdullah bin Abdul Hakim memberitakan kepada kami, Ubay dan Syu'aib memberitakan kepada kami,dan keduanya berkata, Al-Laits memberitakan kepada kami, Khalid bin Yazid menceritakan kepada kami, dari Ibnu Abu Hilal, dari Iyadh bin Abdullah, dari Abu Sa’id yang berkata, "Pada suatu hari, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam berkhutbah dan membaca surat Shaad, ketika sampai pada ayat sajadah, maka Rasulullah turun dari atas mimbar untuk melaksanakan sujud tilawah. Melihat itu, kami pun ikut bersujud. Kemudian beliau membaca surah Shaad sekali lagi. Hingga sampai pada ayat sajadah, kami bersiap-siap untuk sujud. Saat melihat kami, Rasulullah berkata, 'Sesungguhnya ini merupakan taubatnya seorang Nabi. Akan tetapi, sepertinya aku melihat kalian telah siap untuk bersujud.’ lalu beliau turun dari atas mimbar untuk melakukan sujud dan kami pun mengikutinya." Abu Bakar pernah berkata, "Aku memasukkan sebagian pengikut Ibnu Wahab, dari Ibnu Wahab, dan dari Amr bin Harits, dalam sanad ini terdapat Ishak bin Abdullah Abu Farwah di antara Said bin Abu Hilal dan Iyadh. Sementara Ishak bin Abdullah adalah orang yang haditsnya tidak dapat dijadikan argumen. Menurutku ini merupakan suatu kekeliruan untuk memasukkan Ishak bin Abdullah dalam sanad ini.
Shahih Ibnu Khuzaimah Nomer 1793