Muhammad bin Hibban bin Ahmad bin Hibban atau Hatim at-Tamimi al-Busti as-Sijistani
صحيح ابن حبان ٣٣٦: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ سَلْمٍ بِبَيْتِ الْمَقْدِسِ، قَالَ: حَدَّثَنَا حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى، قَالَ: حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، قَالَ: أَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ الْحَارِثِ، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ، عَنْ جَابِرٍ أَنَّهُ، قَالَ: قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، أَنَعْمَلُ لأَمْرٍ قَدْ فُرِغَ مِنْهُ، أَمْ لأَمْرٍ نَأْتَنِفُهُ؟ قَالَ: لأَمْرٍ قَدْ فُرِغَ مِنْهُ، قَالَ: فَفِيمَ الْعَمَلُ إِذًا؟ فقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: كُلُّ عَامِلٍ مُيَسَّرٌ لِعَمَلِهِ.
Shahih Ibnu Hibban 336: Abdullah bin Muhammad bin Salam mengabarkan kami di Baitul Maqdis, ia berkata, “Harmalah bin Yahya menceritakan kepada kami, ia berkata, Ibnu Wahab menceritakan kepada kami, ia berkata, Amru bin Al Harits mengabarkan kepadaku, dari Abu Az-Zubair, dari Jabir, bahwa ia berkata, “Aku bertanya, “Wahai Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam, apakah perbuatan kami merupakan perkara yang sungguh telah diselesaikan (ditetapkan) ataukah merupakan perkara yang baru? Beliau menjawab: “Perkara yang sungguh telah diselesaikan (ditetapkan).” Ia berkata, Lantas, apa manfaat amal perbuatan yang kita lakukan ? Beliau menjawab: “Setiap orang yang mengerjakan telah ditetapkan pada pekerjaannya. ” 49 3:65
Shahih Ibnu Hibban Nomer 336